Thursday, October 4, 2012

Makanan Pedas bisa bikin cegukan




Tiap orang pasti pernah mengalami yang namanya cegukan, sepintas mungkin enggak pernah terpikir kenapa cegukan tersebut bisa terjadi. Sehingga saat cegukan kita hanya biasa-biasa saja, tapi pa kalian enggak penasaran, kenapa ya cegukan bisa datang tiba-tiba, dan sebenarnya apa penyebab cegukan?

Cegukan secara medis dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang diluar kemauan. Ternyata cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalum rendah. Selain itu makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu cegukan. 

Makanan pedas seperti cabai lada atau makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari satu menit, sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang dalam otot yang memicu cegukan.

Cegukan juga memberitahukan bahwa kita makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai bahwa cegukan adalah refleks yang mencegah kita tersedak. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf Frenikus yang merupakan saraf motorik ke diafragma yang membantu mngendalika proses bernafas.

Stress atau emosi yang tinggi juga terkadang memicu cegukan. Bisa juga pertanda di telinga kita terdapat benda asing. Jadi emang banyak juga faktornya. Bahkan cegukan yang parah bisa juga menyebabkan seseorang pingsan yang disebabkan oleh masalah irama jantungnya. selain itu sepertiga pasien kemoterapi juga mengeluh cegukan terus menerus.

So, bagaimana mengatasinya? seperti yang di kutip oleh The times, cara terbaik untuk mengatasi cegukan adalah dengan mengatur nafas dan rileks. Kemudian dilanjutkan dengan meminum dua sampai tiga gelas air tanpa henti.  Jika enggak kunjung hilamh lanjutkan dengan meminum air putih tanpa bernafas lalu hitung sampai 10detik.

Hal tersebut dilakukan agar menaikkan kadar karbondioksida atau menstimulai saraf vagus. Selain itu menahan nafas, menggosok mata, menelan roti kering, makan es yang diremukan, bernafas kedalam kantong kertas, serta menghirup bau amonia juga bisa menjadi alternatif lain untuk atasi cegukan.  

9 comments:

rdimas390 said...

Green World Global

Obat Kanker Hati

Obat Pelangsing Murah

Unknown said...

Saya sering banget tuhhh wkwk
Obat Lemak Pada Tubuh

Unknown said...

Berikut ini adalah penjelasan mengenai masalah perut yakni mengobati asam lambung

topmarkotop said...

Obat Herbal Ambeien Yang Sudah Terdaftar Di BPOM Penyakit Ambeien ini layaknya sebuah pohon, walau pun pohon tersebut berkali – kali di tebang akan tetapi akan tumbuh kembali, kecuali jika akarnya anda cabut, begitu pun juga dengan penyakit ambeien, bila tidak di obati atau di keluarkan akarnya, maka ambeien akan tumbuh kembali. Obat Ambeien Tradisional Terdaftar Di BPOM

http://dropmypropertytaxes.com/2018/07/28/pengobatan-kemaluan-mengeluarkan-nanah/ Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan mikroskopik terhadap nanah, dimana ditemukan bakteri penyebab gonore. Jika pada pemeriksaan mikroskopik tidak ditemukan bakteri, maka dilakukan pembiakan di laboratorium. Jika diduga terjadi infeksi tenggorokan atau rektum, diambil contoh dari daerah ini dan dibuat biakan. Mengobati Kemaluan Mengeluarkan Nanah

Mengobati Penyakit Kanker Serviks Tanpa Operasi Ciri kanker serviks berikutnya adalah munculnya cairan encer atau keputihan dari vagina. Ciri ini biasanya terlihat pada penderita kanker serviks stadium lanjut. Oleh sebab itu, perlu segera dilakukan pengobatan kanker serviks sebelum terlambat. Terjadinya perdarahan saat masa menopause juga bisa menjadi ciri kanker serviks. Pemeriksaan ke dokter harus cepat dilakukan sebelum semuanya menjadi terlambat. http://pengobatanherbal-manjur.blogspot.com/2018/06/jual-herbal-kanker-serviks-paling.html

918Kiss said...

I definitely appreciate your mega888 casino malaysia blog. Excellent work!

Guest Post Services said...

Have read many blogs in the net but have never come across such a well written blog. Good work keeps it up

Buy Carpets in Dubai said...

Valuable site, where did u come up with the information in this posting? I am pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what new content pieces u have.

Buy Carpets in Dubai said...

This is a brilliant writing and very pleased to find this site. I couldn’t discover to much different information on your blog. I will surely be back again to look at some other important posts that you have in future.

Guest Post Services said...

Hi I really appreciate all great content the you have here. I am glad I cam across it!

Post a Comment